Sunday, 26 February 2017

Jadi, Hendak Mengapa Raja Salman ke Indonesia Dengan Rombongan Segitu Banyak?

Ketika baru mendengar Raja Salman akan berkunjung ke Indonesia, saya sebagai orang biasa-biasa tentu acuh, toh Raja Salman pasti membawa serta fotografer pribadinya ke Indonesia untuk meliput apapun kegiatannya. Tidak mungkin dia ke studio saya dan menjadikan saya fotografer pribadinya.

King Salman

Namun ketika mendengar dari seorang teman bahwa raja datang membawa sekitar 1000an rombongan kerajaan, mobil mewah pribadi, booking 3 hotel mewah, eskalator pribadi, bahkan menjanjikan setiap personel polisi Indonesia yang akan menjaganya nanti akan diberi reward haji/umrah gratis. Dalam hati saya langsung berkata, W.O.W! Raja Salman datang ke sini, ada hal penting apa? Mau membina hubungan emosional dengan Indonesia atau hanya untuk pamer harta?!

Oke, sekarang bukan zaman kekhalifahan, jadi Raja Salman bukan siapa-siapanya saya, dia juga bukan pemimpin yang wajib saya patuhi sebagaimana di dalam ajaran Islam, Agama saya. Jadi, bolehlah hendaknya saya berkomentar apapun dengan yang bersangkutan. Toh, ini hanya opini pribadi. Hubungan Indonesia-Arab Saudi juga tidak akan renggang hanya karena postingan saya, apalagi tentang kuota haji, pasti tidak akan berkurang.

Oke, kembali ke Raja Salman. Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, adalah konsumen tetap bagi Arab Saudi, kuota haji yang datang ke sana dari Indonesia juga selalu bertambah setiap tahun. Namun, ada perihal apa sang raja ke sini dengan logistik sebegitu wah?! Dengan rombongan yang sebanyak itu, tentunya pasti sang raja akan membahas hal-hal penting dengan nominal besar bersama presiden kita.

Kalau pun beliau akan berinvestasi di sini, investasi tersebut tentu bernilai sangat besar. Cukup besar untuk membuat kita tersenyum. Namun ketika saya mencari jawaban di google tentang pertanyaan saya tadi. Saya belum mendapat jawaban yang memuaskan. Selain kunjungan dan wisata.

Baiklah, mungkin ada yang berpendapat. Mereka kan kerajaan Arab, mereka kan kaya raya. Wajar..!

Oke, tahukah Anda, bahwa Arab Saudi sekarang sudah tidak sekaya 47 tahun yang lalu? Imbas dari merosotnya harga minyak dunia, membiayai konflik di negara tetangga, dan subsidi pajak di negara itu yang membuat mereka "nyaris" bangkrut.

Beberapa waktu lalu, juga terdengar bahwa Pemerintah Arab Saudi mendirikan kementerian khusus haji, yang mana tidak dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya. Ini saja sudah dapat kita baca sebagai, bahwasanya Arab Saudi sedang mencoba menjadikan Program Haji dan Umrah sebagai sumber devisa yang penting selain minyak.

Jadi, hendak mengapa raja ke Indonesia dengan rombongan segitu banyak?! Oh iya, tulisan ini dibuat di sela-sela kunjungan saya ke kosan pacar. Sendirian. Belum dengan rombongan.

***


Brian Fadli Fahmi


Anak HI yang jadi juru foto, Tuan Besar di Akeo Art.

0 comments:

Post a Comment