Sunday, 9 April 2017

Manfaat Soda Kue dan Harganya Cuma Tiga Ribuan

Soda kue yang warnanya putih dan kemasannya bening itu adalah sebagai bahan pembuat kue yang bisa digunakan sebagai pengembang adonan kue bola,  juga sebagai kue kering. (Yang merasa manusia pasti juga dah tahu wkwkwk).

davidwolfe.com
Dengan bentuknya yang bubuk membuat masyarakat susah membedakan baking soda dengan baking powder (baking powder itu apaan seh? Aku aja tidak mengerti). Namun baking soda sendiri kini sudah familiar dalam bentuk bungkus plastiknya dan ada tulisannya jadi kita bisa baca bahkan bisa dieja juga kikiki dan berjuta manfaatnya selain sebagai adonan kue. Nyata asli karena saya pernah mencobanya sendiri karena saya Makmak berprinsip irit dan suka cari gretongan hehehe.

Berikut ini beberapa khasiat soda kue yang ternyata tidak hanya berlaku di dapur :

- Perawatan Wajah yang Berjerawat (bahkan bisa digunakan buat yang jerawatnya segede gajah juga)
Produk kecantikan memang banyak beredar di pasaran apalagi produk penghilang jerawat namun harganya juga selangit (maksudnya mahal alias larang dalam bahasa jawanya) membuat para wanita memilih jalan alternative yaitu baking soda (jangan dibocorin ke pabrik kosmetik ya! please deh biar aman tips rahasia murahnya)  Caranya adalah :
Ambil dua sendok makan (sendok makan lho, jangan sendok semen) baking soda.
Tambahkan air (airnya jangan se ember tapi secukupnya saja) serta aduk hingga kental)
Oleskan baking soda pada tempat jerawat yang membandel biarkan mengering lalu bilas kembali dengan air bersih (makcling mengkilap)

- Menghilangkan Minyak Pada Wajah (bukan minyak wajan lho)
Ada pula sebagian wanita yang mengeluhkan masalah minyak di sekitar wajah hingga membuat make up tidak maksimal maka mereka juga memilih baking soda sebagai alternative menghilangkan minyak pada wajah (pakai tissue basah juga bisa jika benar - benar tidak punya uang untuk beli soda kue, ambil tissue basah miliknya keponakan atau tetangga yang habis lahiran).

- Menghilangkan Flek Hitam (flek hitamnya di wajah ya, bukan di seprei, jika flek hitam di seprei bisa pakai rinso)
Flek hitam yang membandel terkadang membuat kita kurang percaya diri dan baking soda bisa menjadi alternatifnya. Cara pemakaiannya pun sama dengan cara pemakaiannya langkah no 1 (baca di atas, jangan lihat bawah wkwkwk), hingga mendiamkan selama kurang lebih 25 menit lalu bilas dengan air bersih (ya iyalah, air bersih bukan air got lho, kalau pakai air got saya gak menjaminkan apapun yach) dan anda bisa melihat khasiatnya setelah rutin dilakukan beberapa kali dalam seminggu (bersih bersinar).

- Mencerahkan Kulit Ketiak
Selain deodorant (katanya iklan sech!), baking soda juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak yang memang terbukti tidak mengandung bahan kimia.Cara pemakaiannya adalah :
1.Mencampurkan 4 sendok makan baking soda
2. Lalu oleskan pada kulit ketiak sehabis mandi, biarkan sebentar (saat dibiarkan sebentar, jangan dicium ketiakmu yak karena dijamin baunya hueek) kemudian bilas dengan air bersih.

- Membersihkan Plak Gigi (Tips ini buat pecandu rokok dan kopi)
Plak gigi (kuning-kuning di gigi itu lho) dapat dihilangkan dengan cara mengosok-gosokkan baking soda pada gigi, cara ini sudah diuji coba oleh banyak orang dan ternyata terbukti ampuh karena menemukan adanya pengurangan jumlah plak gigi namun perlu diingat untuk tidak mengenai gusi saat menggosok baking soda. (Aku pernah coba juga dan hasilnya beneran putih tapi putihnya cuma sebentar karena habis itu aku minum kopi lagi wkwkkwk).

- Mempercantik Kuku
Salah satu khasiat soda kue yang ternyata tidak hanya berlaku di dapur adalah mempercantik kuku (kukuku…ku sambil nyanyi) . Cara pemakaiannya adalah :
Campurkan tiga sendok teh soda kue ke dalam satu gelas air.
Celupkan sikat kuku ke pasta tersebut lalu gosokkan pada kuku anda dengan gerakan memutar. 
Bilas dengan air hangat (maksudnya air hangat itu air yang telah dimasak pakai kompor, ngerti khan ?).

- Membantu Membersihkan Rambut Serta Kulit Kepala
 Baking soda juga bisa dijadikan sebagai pengganti  shampoo yang bisa digunakan pada rambut dengan cara menggosokkannya di kulit kepala setelah itu bersihkan dengan air yang mengalir hingga bubuk tersebut hilang dari rambut (kalau langkah ini jangan ditiru ya, karena biasanya baking sodanya sendiri ikut nempel di rambut , huftlah payah).

- Memperbaiki Kulit Yang Terbakar Oleh Matahari (maksudnya bukan terbakar beneran, tapi terkena pancaran sinar mataharinya).
Banyak wanita yang mengeluhkan kulit wajahnya terbakar setelah beraktifitas di luar ruangan, nah anda bisa menjadikan baking soda sebagai tips jitu untuk memperbaiki kulit yang terbakar oleh matahari. Cara pemakaiannya adalah :
Gunakan 2 sendok teh baking soda dan campuran air.
Gunakan waslap (tau khan apa itu waslap, kalau gak ngerti juga bisa tanyakan mbah google ya) untuk mengompres lalu rasakan manfaatnya dalam sekejap (eng ing eng cling).

Demikianlah khasiat soda kue yang ternyata tidak hanya berlaku di dapur. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya tapi saya tidak menjaminkan apapun lho yak karena saya nulis artikel ini habis dari ilham mimpi.

***
Tulisan ini ikut arisan godok bulan April. Silakan dibagikan jika menyukai Wimala Dyah Intan sebagai pemenang.

Wimala Dyah Intan

Asal Solo. 

0 comments:

Post a Comment