Sunday, 23 April 2017

Susah Move On

Segala yang terindah dalam hidupku 
Walau kau kini telah berlalu
Tetap terukir selamanya
Dirimu kan tetap ada.....

blog.gettinghired.com
Hah. Ada? Seseorang yang sudah menghianati, mencurangi bahkan tanpa belas kasih merobek hati, lantas masih adakah maaf baginya? Ya, memang benar Tuhan saja Maha Pemaaf, masa kita sebagai umatnya tidak bisa? Oleh karena itu bukan Tuhan maka kurang bisa menjadi seorang pemaaf, apalagi sudah mencintai dengan tulus hanya saja dibalas dengan kecurangan itu sama saja cari haters

Ya, kurang lebih begitulah perjalanan kisah cinta antara kaum remaja sekarang, ada penghianatan, ada ketulusan, ada perselingkuhan, bahkan ada pula cinta buta padahal sudah nyata-nyata di hadapan bersama dengan yang lainnya. Lalu bagaimana dengan seseorang yang susah move on? Padahal sudah berniat melupakan, hanya saja sangat susah malah semakin melaut perasaan rindu bagi penghianat itu. Ah, andai bisa membolak-balik hati pasti sudah dari kemarin membuka hati untuk yang lain, pasti begitulah ungkapan yang terlontar saat perasaan semacam ini membekam.

Dan, kesempatan ini penulis akan berbagi tips cara melupakan mantan alias bisa move on. Karena, hari gini gak bisa move on, tidak lah yau

Curhat sama Tuhan
Coba kita pikirkan deh kalau kita hanya curhatnya kepada manusia, misalnya sahabat, ibu ataupun orang yang kita anggap bisa menyelesaikan masalah, namun saat membutuhkan dan merekanya malah gak bisa atau lagi sibuk, gimana? Pasti kita langsung marah dan beban pikiran kita malah bertambah. Beda dengan curhat langsung kepada Tuhan, tak mengenal batas waktu. Kapanpun kita mau, kita bisa berdoa padanya, curhat tentang isi hati, walau sebenarnya tanpa diberitahupun Tuhan akan tahu. Hanya saja berdoa membuktikan kita bahwa sebagai manusia patutnya selalu meminta pertolongan kepada Tuhannya.

Percaya deh cara paling ampuh melupakan masa lalu adalah bersimpuh di dalam sujud kepada-Nya, sang pembolak-balik hati. seluas-luasnya kesedihan pasti akan menepi jua. Berikan kepercayaan pada Tuhan-Mu, akan mengatur jodoh hambanya. Total berserah diri padanya.
“Yang baik untuk yang baik, yang buruk tentu untuk yang buruk.”

Berbagi dengan Ibu.
Bagi kalian ibu itu seperti apa sih? Kalau bagi penulis sendiri, ibu adalah sosok penyambung nyawa, selalu menopang hidup ke arah yang baik, termasuk masalah asmara. Coba deh jujur sama ibu kalian, tentang hubungan rumit yang seolah tak ada jalan keluarnya. Pasti deh diberikan nasehat yang tidak hanya menenangkan pikiran, namun juga hati. Mencoba membuka diri sendiri untuk ibu, jangan malah menutup diri dan memendam masalah sendiri.

Berbagi dengan sahabat.
Salah satu cara paling ampuh untuk bisa move on dari pengalaman penulis adalah berbagi dengan sahabat, berkeluh kesah pada mereka dan menceritakan apa yang harus dilakukan setelah melewati ujian cinta berat. Dan yang namanya sahabat, pasti akan selalu mendukung apa yang kita lakukan dan selalu ada, memberikan apa yang kita butuhkan. Sering hangout bareng mereka, entah itu ke mall, bioskop atau ke mana saja, dijamin setelah itu sedih-sedih dan galau-galau lagi di kamar sendirian sambil dengerin musik melow. Oh No! Hari gini tidak bisa move on, kasian banget untuk hidup!

Mempersiapkan diri.
Sudah dibahas di poin pertama, yang baik untuk yang baik. Jadi, meskipun kita hari ini putus, mungkin saja dia itu tidak cocok untuk kamu. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Jadi, gak usah loyo atau sedih gak berkesudahan kalau putus. Setiap pertemuan kan memang bergandengan perpisahan, bahkan dengan suami istri sekalipun. Yakin dan tanamkan saja dalam diri, kalau kita mempersiapkan diri dengan baik, banyak ibadah semata-mata karena Allah, beramal sholeh yang lainnya, Insya Allah kita pun akan mendapatkan jodoh yang sholeh atau sholehah juga. Seperti Adam yang dipertemukan dengan tulang rusuknya sendiri, Hawa. Percaya, cinta sejati untuk orang yang mempercayai truth love pasti akan ditemui. Bukan hanya di dalam dongeng. Seperti Cinta Adam dan Hawa. Beratus-ratus tahun memisahkan, Tuhan kembali mempertemukan tulang rusuk Adam yang hilang.
***
Tulisan ini ikut arisan godok bulan April. Silakan dibagikan jika menyukai Muhdar sebagai pemenang.

Muhdar Silang
Dengan nama pena Yudha Kidholics, bertempat tinggal di dusun Parabaya, Kec. Campalagian, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

0 comments:

Post a Comment