Thursday, 20 April 2017

Tidur Dulu Sukses Kemudian

Impian itu seperti sayap. Dia membawamu pergi ke berbagai tempat. Kurasa, mamamu sadar akan hal itu. Dia tahu, kalau dia mencegah mimpimu, itu sama aja dengan memotong sayap burung. Burung tersebut memang nggak akan lari, tapi burung tanpa sayap sudah bukan burung lagi. Dan manusia tanpa mimpi, sudah bukan manusia lagi.” 
― Windhy Puspitadewi, Let Go 


Kata di atas adalah hal yang harus kita ingat, impian muncul dari kualitas tidur yang kita tata.

Apakah benar aktivitas tidur bisa mengantar kita pada kesuksesan?
Bagaimana pola tidur yang baik?

Pola dari aktivitas otak yang terjadi selama kamu terbangun, akan diulang kembali saat tidur oleh hippocampus, atau bagian otak yang berfungsi menyimpan sejumlah ingatan atau memori.

Pemutaran ulang memori ternyata membantu kamu menyaring dan menyimpan memori. Lalu, dengan tertidur lebih lelap lagi, sel-sel otak yang bertugas mengatur memori akan bekerja lebih baik dalam menyaring informasi dan menentukan mana yang layak untuk disimpan dalam otak.

Dengan fungsi ini jelas bahwa melaksanakan tidur yang cukup dapat berdampak baik tidak hanya untuk kesehatan tubuh, melainkan juga mempertajam otak, meningkatkan kecerdasan dan kreativitas serta membuat pikiran mau pun keputusan menjadi lebih jernih.

Banyak kebiasaan sepele yang sering terabaikan tapi nyatanya itu dapat membuka jalan menuju kesuksesan. Apa saja itu?

1.Karena hidup berawal dari mimpi,maka atur spasi jam tidur kamu

•  Untuk usia 65 tahun ke atas = antara 7-8 jam, batas minimun = 5-6 jam, batas maksimum = 9 jam 
•  Usia 26-64 tahun = antara 7-9 jam, batas minimun = 6 jam, batas maksimum = 10 jam 
•  Usia 18-25 tahun = antara 7-9 jam, batas minimum = 6 jam, batas maksimum = 10-11 jam 
•  Usia 14-17 tahun = antara 8-10 jam, batas minimum = 7 jam, batas maksimum = 11 jam 
•  Usia 6-13 tahun = antara 9-11 jam, batas minimum = 7-8 jam, batas maksimum = 12 jam
Jadi sesuaikan usia dengan porsi jam tidur kamu.
Jangan terlalu banyak jangan terlalu sedikit.

2.Bermimpilah ketika tidur

Tahukah anda ternyata mimpi adalah merupakan media untuk mengeluarkan emosi yang terpendam dengan cara aman.
Tidur dan hentikan kerusakan otak dengan bermimpi
Para ilmuwan percaya otak kita membutuhkan mimpi setiap malam untuk menghentikan kerusakan otak secara psikologis. Otak kita pada malam hari sudah sibuk melakukan pemilihan dan pengarsipan memori, gambar dan emosi untuk menjaga semuanya berjalan baik.

3.Jika ada tidur malam pasti ada tidur siang

Ternyata tidur siang  dapat menyembuhkan dan menghindari berbagai penyakit berbahaya, tidur siang tidak selamanya berbahaya bagi manusia. Kebanyakan orang-orang mengabaikan pentingnya tidur siang walaupun hanya sekedar 1 jam saja. Padahal tidur siang merupakan relaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan dan untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat aktivitas yang di jalani.

Sebagian besar orang memang cenderung selalu berfikir untuk menyelesaikan pekerjaannya secepat mungkin, namun tahukan anda jika tidur siang pun baik untuk kesehatan.

Ada saatnya ketika kelopak mata sulit terbuka, terutama setelah makan siang dan anda mengalami kantuk berat. Jika sudah begini, anda tentu tidak melakukan pekerjaan dengan baik dan cepat. Setidaknya luangkanlah waktu untuk tidur siang dan kemudian kembali melanjutkan aktivitas seperti semula.

Sebuah studi dari NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Penelitian lain menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pilot yang diizinkan untuk tidur siang selama 25 menit (digantikan co-pilot) melakukan kesalahan lebih sedikit selama take-off dan pendaratan.

Tidur siang ternyata juga mampu mengobati insomnia (susah tidur di malam hari). Kebiasaan gejala susah tidur saat malam hari ini tidak baik bagi kesehatan. Tubuh pun perlu istirahat dan memejamkan mata hingga terlelap, jika hal sepele ini diabaikan maka bersiap anda akan terkena kelelahan, daya ingat menurun, sulit untuk berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan sampai meningkatkan risiko kecelakaan.

Tentu ini akan sangat berbahaya bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang sekitar, tidur siang merupakan obat penganti sulit tidur malam hari yang biasa kita sebut insomnia.

Ada beberapa tipe tidur siang :

Tidur siang yang direncanakan. Terjadi ketika anda mengambil tidur siang sebelum benar-benar mengantuk. Anda dapat menggunakan teknik ini ketika tahu bahwa anda membutuhkan istirahat sebelum terjadi kelelahan dan pusing.

Tidur siang darurat. Terjadi ketika secara tiba-tiba anda sangat lelah dan tidak dapat melanjutkan aktivitas rutin. Jenis tidur siang ini dapat digunakan untuk memerangi kantuk saat mengemudi atau kelelahan saat menggunakan mesin berat dan ini wajib dilakukan karena akan berbahaya.

Tidur siang rutin. Dilakukan ketika seseorang mengambil tidur siang pada waktu yang sama setiap hari. Anak-anak kecil mungkin tertidur pada waktu yang sama setiap sore atau orang dewasa mungkin mengambil tidur siang singkat setelah makan siang setiap hari.

Ada anggapan jika malamnya begadang maka waktu tidurnya bisa diganti dengan bangun lebih siang. Ternyata waktu tidur malam tak bisa diganti dengan tidur lebih lama di pagi harinya atau tidur siang.

Ayo segera tidur...... badan sehat sukses kemudian.

***
Tulisan ini ikut arisan godok bulan April. Silakan dibagikan jika menyukai Yuliani sebagai pemenang.

Yuliani

Anak ketiga dari tiga bersaudara,dilahirkan 26 tahun yang lalu di Kabupaten Tuban JawaTimur tepatnya pada tanggal 8 Juli 1990. Saya dilahirkan dari keluarga sederhana. Profesi saya adalah seorang Announcer di LPPL Radio PradyaSuara Tuban, Saat ini saya giat menulis puisi disela kesibukan on air dan menggarap musikalisasi puisi saya sendiri.

0 comments:

Post a Comment