Saturday, 20 May 2017

Dear Kunyuk

Kagak ngarti apa gara-gara ni tampang gue kaya Natasya Wilona, apa kayak pembantunya, yang pasti cowo-cowo bakalan tersephona kalo liat kecantikan gue. Seriusan, tapi yah gue terima apa adanya aja lah, kalau tampang gue disamain sama Nikita Willy, sih, kembaran gue sejak tadi (mimpi gue sih gitu, tadi malem).

pinterest

Rutinitas gue kalo di kelas adalah jadi pusat penggosipan cowok-cowok tajir. Secara dong, gue kan primadona. Ya iyalah bijimana kagak, kecantikan  gak ada bandingnya. Masalah kecerdasan kagak diraguin lagi, dan maaf aja, bukannya gue sombong, duit gue banyak dimana-mana, cuma sekarang lagi gue titipin di Bank biar aman Bray!. 

Hari-hari di sekolah selalu gue arungi bersama makhluk hidup joinan gue, Edo Pratama. Manusia terkecoak (ralat kocak) dan sok keren (tapi emang bener) yang selalu buat gue bolak balik ke WC kalo kebanyakan denger suaranya, abis suaranya kayak terompet tahun baru (hee, becanda Do!). Gue sama Edo itu kayak saudara gak jadi. Soalnya rambut gue item Edo juga, gue punya mata Edo juga, tapi naasnya gue cantik dia kagak (orang dianya laki). Terus dari mana kembarnya? Tiap hari gue ma Edo gak pernah absen buat pertunjukan di kelas. Dari yang ngerjain kursi guru pake lem alteco, ijin sekolah dengan alasan ngejagain sodara di ICU (maaf ya broo), sampek –sampek pernah ni ya, gue ngibulin bu Tuti, pas tu guru lagi keluar kelas. Awalnya sih gue mau baik hati buat beresin mejanya yang gak rapi-rapi amat (tapi boong) .

Nah, pas gue liat ada map nilai di meja tuh guru. Gue langsung nyamber tu map. Gue cari deh nilai gue. Terus, waktu gue buka, gue tu syok BGT, lihat data nilai gue yang cuma keisi 5 kolom, padahal jumlahnya ada 15 kolom (ee tapi jangan berfikir gue begok, ya. Berhubung gue ini anak acara jadi kalau ada tugas belom sempet gue kerjain). Untungnya kepinteran gue kagak abis-abis, gue langsung teriakin si kunyuk (panggilan terbaik buat Edo).
 “Woi, Do!!Bantuin gue donk!”
“Bantuin apaan?” tanyanya sambil menghampiri gue.
Lu jagain di luar ya, ntar kalo ada Bu Tuti, lu langsung kasih kode ke gue.”
"Dihh… cebong, pasti lo mau curang kan?”
"Eh diem lo nyuk, ini tuh darurat... lo mau gue kagak naik kelas Ntar lo kangen lagi ama gue...?".

Waktu itu anak kelas lagi pada genjrengan di belakang make sapu. Dan dengan kebaikan tingkat dewa, akhirnya gue panggil tu penghuni kebun binatang.
"Eh, temen-temen pada mau kerjaan lo selesai kagak? Buruan ke sini." Mereka yang kepo ama misi gue, ikutan merapat. Dan gue kasih tau ama mereka semua buat ngisi tuh kolom nilai mereka yang masih melompongMenurut gue, seharian tanpa kejailan gak afdzol, begitu juga sama si Edo yang kalo gue tanyain gitu, sok iya-iya aja. Asemm.

“Dasar kunyuk (sambil gue tonjok bahunya) nyebelin lo. Kalo iya iya, enggak enggak, sok setuju lu."
Edo yang sok sabar cuma nyengir lebar-lebar, kaya iklan close upKenakalan gue sama Edo gak cukup sampai di sini. Edo yang gak rajin sekolah ngeracunin fikiran gue yang masih bersih.
“Eh, bolos yok, Bong!”(panggilan sayang dia ke gue).
Bolos? Busettt (sambil melotot sok kaget). Emang lo mo ajakin gue bolos kemana nyuk?” DDM  gue kambuh (diam-diam mau).
“Nonton pelem aja di bioskop, bijimana? Setuju kagak? Entar pelajaran macan tutul 2 jam!!".
"Wihh…Tumben otak lu agak cair. Oke dah gue setuju, lu bayarin gue ya?"
"Iya-iya Bong santai (ngeluarin duit 300 ribu) mumpung emak gue lagi baik. Hehee….". Gak kehabisan akal buat ijin, gue malakin bocah bloon di kelas buat mintain surat ijin ke guru piket. Haha... sukses.

Kenyataan yang buat gue bengong, ada aja cewek yang sukanya overdosis sama sih kunyuk. Edo aja sampek illfeel lihatnya. Gimana kagak? Tu cewek kalo dandan noraknya kebangetan, udah kayak emak-emak mau pergi kondangan. Pake highheels, lipstik merah cetar, ditambah lagi dempulnya, sampek orang gak bisa bedain pake bedak apa cat.
“Kunyuk kunyuk, beruntung amat si lo dapet yang begituan. Jarang jarang lo nyuk,”ujar gue sambil ngakak.
Bullshit lu bong! Amit-amit dah gue sama dia.”
“Ahahaa, ahaha…,” ketawa gue makin menggelegar pas ngeliat Edo yang bentar lagi kesetanan. Dan akhirnya peperangan sengit gue sama Edo dimulai. Tapi  lagi-lagi gue yang jadi pemenangnya. Meskipun si Edo sering bonyok gara-gara  gue tonjokin, tapi dia kagak bakalan marah, malahan ndeketin gue, bahas masalah yang laen seakan-akan gada yang terjadi.

“Cebong! Lu tau, kan, kebaikan gue ke elo kagak bisa di hitung lagi?”
“Iya gue tau,terus ngapa kalo gak bisa diitung? Mau lo apain, Do?”
“Yaelah cebong gue serius ni! Pokoknya lo kudu bales budi ke gue, gue mau gimana caranya tu badut norak jauh-jauh dari gue, gak sudi Bong.”
Oooh, gampang, Do, nyantai,” dengan gaya gue yang sok berpengalaman.
“Gimana kalo elo pura-pura jadi pacar gue, terus gue panas-panasin tu orang? Pasti bara api bakalan menyala-nyala di atas kepalanya kaya di pelem-pelem Do!”.
"Wkwkw….bener tu bener Bong, ide lu cemerlang banget!". Akhirnya gue ama Edo mulai jalanin misi. Alhasil, tuh cewek sejenis trio macan langsung ngamuk. Dia banting meja, kursi, seorang-orangnya juga (gileee…kerasukan jin tomang mbak?). Kita berdua cuma bisa nelen ludah dalem-dalem liat tu orang kesurupan.

Flashback ke jaman pertama kali gue kenal kunyuk.
Pertama gue kenal Edo itu pas dia lagi makan di warung bang Dul. Lah ceritanya pas dia mau bayar ternyata tu orang lupa bawa duit. Cakep-cakep begok, ada barang ada uang, gimana si ni orang. Gue, membatin atas kebloonannya yang nggak rasional. Edo yang waktu itu belon pernah lihat apalagi kenal  gue, tiba tiba langsung ngelirik ke arah gue sambil cengengesan kayak penghuni RSJ yang lagi kabur.
“Hehe mbak boleh pinjem duitnya kagak?”
Gue cu…, "
“10 ribu doank besok langsung gue balikin dah”. Yakin! Blon juga gue selesai ngomong, udah nyerocos aja,  waktu itu gue cuman bisa batin.

Dengan rasa kasian ngeliat ni orang yang kayaknya urat malunya udah pada putus semua, akhirnya gue kasihin duit gue satu-satunya 10 ribu itu buat orang aneh yang baru ketemu. Di kelas XI gue pindah ke sekolah yang ada di perbatasan  antara kampung gue sama kampung tetangga. Yah kayak yang gue bilang, gue itu cewe famous. Tanpa harus buat acara perkenalan pun, semua cowo-cewe di kelas udah pada tau gue. Tapi yang jadi pertanyaan gue sekarang, tu cowok yang ada di pojokan kok kayaknya gak asing. Oh ya gue inget, itukan cowo pikun yang pernah pinjem duit gue kan?, gerundel gue dalem ati.

"Lo yang pernah ketemu gue di warung bang Dul itukan?"dengan PDnya gue nyamperin tu makhluk.
"Ha? Kapan? Emang kita kenal? Sejak kapan gue punya temen bentukannya kayak elu?". Alamak, belum apa-apa gue udah disemprot. Ditanyain baik-baik malah nggak kayak mobil pickup kelebihan BBM. Belum sempet gue jawab, tanpa persetujuan gue, dia langsung nambahin omongannya yang baru 3 detik yang lau.
"O... jadi elu yang pernah pinjimen gue duit itu? Terus ngapa?Bukanya udah kelar kan? So, kita gak ada urusan lagi,  donk." Waktu itu gua cuman bisa tahan tamparan gue ke tu orang. Coba aja gue bukan anak baru di sini, dah bonyok seketika tu muka. Mbatin lagi. Sabaar.

Di kelas kagak pernah yang namanya akur sama tu kampret, yang ada malah nyanyi lagu wajib (ribut). Sampek akhirnya kebencian gue ke Edo gak bisa diukur lagi seberapa dalamnya. Wali kelas gue yang perhatian dan berhati batu mulia tiba-tiba nyamperin gue di kelas.
"Kamu gak capek berantem terus sama Edo?" tanpa sedikitpun tu guru kasih kesempatan buat dengerin jawaban gue, padahal posisi gue lagi bloon-bloonnya, dia langsung bawa gue ke bangkunya si Edo.
"Ayo, ikut ibuk!"
"Edo, sekarang ibuk mau kalian baikan! Sekarang juga kalian harus maafan!" gue membatin, tu guru alay banget yakWaduh bencana apa lagi ni? pikir gueTanpa loading, "Mm, aku mintak maaf, ya, kalo selama ini aku banyak salah ke kamu, kamu mau kan temenan sama aku?" Edo yang kepaksa apa pura-pura tulus ngejulurin tangannya ke gue.

Kagak pikir panjang gue langsung nyalamin tangan Edo, soalnya ada tu guru si
"Iya, Do, gue maafin kok. Ini gak sepenuhnya lo yang salah kok. Gue juga salah." Semenjak kejadian yang gue pikir itu mimpi buruk. Tiba-tiba si kampret yang gak pernah baik itu jadi sering nyapa gue di kelas. Dia jadi sering ajak gue ngobrol, becandaan bareng, kemana-mana jadi sering bareng. Gue ngerasa nyaman kalo ada di samping dia. Dan sampek sekarang kedekatan kita kaya knasi sama lauk, dimana ada Edo di situ ada gue.
Thanks ya Do! Lu udah buat hidup gue jadi semakin berwarna!
***
Tulisan ini ikut arisan godok bulan Mei. Silakan dibagikan jika menyukai Davinatul sebagai pemenang.

Davinatul Ulum Mufida
Sebagai makhluk paling cantik diantara kedua saudara cowok gue, emak gue kasih nama baguss banget buat anak ke duanya. Lahir di Riau 08 desember. Alhamdulilah gue mutlaq terlahir dengan kelamin wanita, tanpa suatu perpindahan gender apapun (gak usah pada mbatin!).

0 comments:

Post a Comment