Sunday, 7 May 2017

Indahnya Bengkulu

Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang Bengkulu. Padahal Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Sangat miris mendengarnya apabila seseorang masih bertanya  “dimanakah Bengkulu?”.Maka dari itu saya ingin menceritakan tentang Bengkulu.


Bengkulu adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi ini terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera. Di wilayah Bengkulu pernah berdiri kerajaan-kerajaan yang berdasarkan etnis seperti Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Pat Petulai, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung, dan Kerajaan Marau Riang. Di bawah Kesultanan Banten, mereka menjadi vazal. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas). 

Bengkulu memiliki kerajinan tradisional batik besurek, yaitu kain batik yang dihiasi huruf-huruf Arab gundul dan diakui oleh pemerintah Republik Indonesia sebagi salah satu bagian warisan budaya Republik Indonesia serta turut memperkaya khazanah budaya di Indonesia. Kebudayaan Bengkulu memiliki beberapa ciri berbeda karena dipengaruhi oleh suku-suku berbeda yakni kebudayaan suku Rejang, suku Serawai, dan suku Lembak. 

Bengkulu juga memiliki budaya tabut yang merupakan satu kultur unik yang memadukan tradisi lokal dengan Islam Syiah secara kultural. Ritual Tabut merupakan peringatan terhadap mati syahidnya Husein di Padang Karbala. Tabut dilaksanakan setiap bulan Muharam dalam kalender Islam, tepatnya  mulai tanggal 1-10 Muharam. Tabut tersebut mencapai setinggi 3-5 meter.

Selain Tabut, Bengkulu juga memiliki tari dan musik tradisional. Tari tradisional seperti : Tari Tombak Kerbau, Tari Putri Gading Cempaka, Tari PukekTari Andun, Tari Kejei, Tari Penyambutan, Tari Bidadari Menimang Anak, dan Tari Topeng. Musik tradisional Bengkulu seperti : Geritan (cerita sambil berlagu), Serambeak (seni yang berupa patatah-petitih), Andei-andei (seni sastra yang berupa nasihat), Sambei (seni vokal khas suku Rejang yang biasanya untuk pesta perkawinan).

Bukan hanya budaya yang indah dan unik, Bengkulu juga memiliki berbagai tempat wisata baik wisata alam maupun wisata budaya dan peninggalan sejarah. 

Wisata alam Bengkulu berupa : Pantai Panjang, Pantai Pasir Putih, Pantai Laguna Samudra, Pulau Tikus, Danau Dendam Tak Sudah, Tapak Padri Dan Pantai Jakat, Taman Hutan Hujan Tropis (Tahura), Taman Berburu Seblat, Taman Wisata Konak, Danau Tes, Danau Gedang Dan Bukit Menghijau, Danau Mas Harun Bastari, Danau Musi, Taman Nanua, Tanah Lot Lais, Danau Picung, Taman Wisata Dio Bagite, Danau Tujuh Warna.

Wisata budaya dan peninggalan sejarah Bengkulu berupa : 1. Benteng Marlborough : dibangun oleh perusahaan india timur di bawah kepemimpinan Gubernur Joseph Callet, memiliki luas 44,100 meter persegi.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno : Pada zaman koloni Belanda(1939-1942), Soekarno (Yang kemudian menjadi Presiden RI yang pertama) pernah diasingkan di Bengkulu. Selama dalam pengasingan Soekarno tinggal di rumah yang beralamat di Anggut Atas dan sekarang dikenal dengan jalan Soekarno-Hatta) 

3. Parr and Hamilton Monuments : Parr Monuments terletak di depan Pasar Barukoto diseberang benteng Marlborough, sedangkan Hamilton Monuments terletak di Jalan Soekarno-Hatta. Monument ini dibangun oleh Inggris untuk memperingati kekalahan mereka di Bengkulu.

4. Museum Provinsi Bengkulu : Museum Bengkulu terletak di bagian selatan dari jalan utama kota Bengkulu, yaitu di jalan Pembangunan. Disini kita dapat melihat berbagai macam benda benda bersejarah. dan juga baju batik buatan Bengkulu yang dinamakan kain Besurek.

5. Rejang Lebong : Air Panas dan Air Terjun Suban. Terletak 6 km dari Curup yang dihubungkan oleh jalan aspal dan terdapat air panas serta dua air terjun. oleh pemerintah dibangun berbagai macam fasilitas umum untuk menunjang pariwisata di sana.

6. Danau Pematang : Terletak 16 km dari Curup dan dapat dicapai dengan mudah dengan transportasi umum. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan. Bukit Kabal Terletak 19 km dari Curup dengan jalan aspal yang menghubungkannya. Dengan tinggi sekitar 1,936 m di atas permukaan laut dengan keindahan alam yang menakjubkan.

Beitu menakjubkannya Bengkulu yang memiliki berbagai keindahan baik dari budaya maupun tempat wisata. Maka dari itu, saya berharap tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang tidak tahu lokasi Bengkulu. Saya bangga lahir di Indonesia yang yang memiliki masing-masing keindahannya di setiap pulau dan provinsinya.

***
Tulisan ini ikut arisan godok bulan Mei. Silakan dibagikan jika menyukai Yuliana sebagai pemenang.

Yuliana Dwi Rahayu

Saya berumur 19tahun. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Bengkulu.

0 comments:

Post a Comment