Saturday, 6 May 2017

#MayThe4thBeWithYou

Seperti yang kita tahu, bahwa tagar tersebut merupakan sebuah plesetan penggalan dialog "May the force be with you" yang diutarakan sejak film pertamanya yang disutradarai oleh George Lucas, Star Wars Episode IV: A New Hope (1977) oleh para karakter protagonisnya.


Lalu kalimat tersebut menjadi populer digunakan saat Partai Konservatif memasang iklan di koran Inggris dengan judul "May The 4th be with You" untuk merayakan kemenangan Margaret Thatcher yang diangkat menjadi perdana menteri wanita pertama di Inggris pada 4 Mei 1979.

Para penggemar Film Star Wars tentunya sudah tidak asing lagi dengan tagar #MayThe4thBeWithYou di laman sosial twitter pada setiap tanggal 4 Mei.

Nah! untuk merayakan #MayThe4thBeWithYou pada tahun ini, gue mau berbagi sedikit tentang “kenapa gue bisa nonton Film Star Wars ini?” Jadi bukan review atau mengulas kembali film ini. Oke, kita mulai aja kali ya. Jadi, pada saat itu, gue lagi merasa sangat bosan dengan kuliah, dan pasti kalian juga pernah merasakan hal tersebut (*udah nggak usah bohong haha). Dan kebetulan Februari kemarin gue balik ke daerah asal gue, Bekasi. 

Saat pulang kemarin, kebetulan banget Temen dekat gue ngasih Hardisk yang udah keisi sama beberapa Film. Aw, baik banget nih anak. Seminggu sudah di Bekasi, gue belum buka sama sekali isi Hardisk itu, karena keasyikan main sama temen – temen yang udah lama banget nggak ketemu. Yaudah, akhirnya pada saat kembali ke perantauan ini, besok malamnya gue keingetan kalau gue belum buka Hardisk itu. Kesan pertama saat gue colokin tuh Hardisk ke Laptop dan kebuka semua datanya di layar Laptop, yang gue lakukan adalah langsung telfon orang yang ngasih ‘harta karun’ ini ke gue.

“Sumpah, lu baiknya kebangetan. Sering – sering lah ya” itu adalah sepenggal kata – kata gue, dan langsung aja gue matikan telfon itu dan langsung nonton beberapa film. Gue pilih satu – satu, saat udah nonton 3 Film pas liat jam ternyata sudah malam, dan akhirnya gue memutuskan buat tidur. Tapi, tetiba entah apa kebuka folder judulnya “Star Wars”, nah! Kebetulan banget waktu itu sempet nonton beberapa cuplikan adegan dari Film itu dan kayaknya seru juga. Karena, besok pagi juga nggak ada kuliah akhirnya gue putuskan buat nonton, udah penasaran juga sama jalan cerita dari Film ini.

Film pertama yang gue tonton adalah Star Wars Episode IV: A New Hope (1977). Masih bingung pertama kali nonton, tapi karena emang suka sama Genre Film yang membicarakan perihal angkasa luar pasti bakal gue terusin. Dan kebetulan banget, semua episodenya udah lengkap, jadi gue gak harus pusing – pusing nunggu Film ini udah keluar apa belum.

Untuk menonton ke-7 Episode Film ini, gue menghabiskan waktu yang cukup lama dan anehnya gue malah nggak ngantuk sama sekali. Waktu itu, gue nonton sampai jam 4 Pagi dari jam 12 Malam. Seru banget Filmnya, ketangguhan tokohnya dalam memecahkan masalah yang ada di hidupnya. Film science-fiction yang bercerita mengenai peperangan kaum Jedi (protagonis) dan kaum Sith (antagonis) ini memang membuat siapa pun jatuh cinta setelah menontonnya.

Nah, karena rasa keinginan tahu gue tentang Film yang katanya “siapapun akan jatuh cinta” itu sangatlah tinggi. Gue mulai memutuskan untuk mencari tahu beberapa kisah menurut para penonton yang lainnya di laman Google. Waktu itu, gue tulis di kolom pencarian “Star Wars”. Tentunya, yang pertama kali keluar adalah laman Wikipedia. Gue baca dan terus gue klik beberapa link lainnya dan pada saat klik salah satu link, di sana gue mendapatkan informasi, bahwa menonton Film Star Wars ini sebaiknya tidak menonton sesuai urutan waktu Film tersebut di rilis. Wah, rasa ingin tahu gue tentu makin memuncak. Akhirnya, setelah gue baca beberapa link lagi gue mendapatkan jawabannya. 

Menurut dari beberapa sumber yang gue baca, Episode I adalah episode terburuk sepanjang perjalanan seri dengan akting yang biasa-biasa saja serta alur cerita yang cenderung membosankan. Mereka meyakinkan bahwa dengan mengikuti urutan menonton yang diusulkan di atas adalah cara terbaik untuk mengetahui dengan jelas inti cerita dari sebelum menonton “The Force Awakens”.

Jadi, buat kalian yang hari ini berniat untuk menonton film Star Wars ini, ada baiknya menonton sesuai urutan yang sudah disarankan oleh beberapa orang yang tentunya sudah menonton film Star Wars ini terlebih dahulu.

Seperti yang dikutip dari situs scifi.stackexchange.com, urutan terbaik untuk menonton film Star Wars adalah, sebagai berikut :
1. A New Hope (1977)
2. The Empire Strikes Back (1980)
3. Star Wars Episode I (1999): The Phantom Menace  
4. Star Wars Episode II: Attack of the Clones (2002)
5. Star Wars Episode III: Revenge of the Sith (2005)
6. Return of the Jedi (1983)
7. The Force Awakens (2015)

Dan menurut informasi  dari yang kasih film ini ke gue, ternyata urutan film yang udah dia kasih itu udah sesuai sama apa yang banyak orang sarankan. Sekali lagi, terima kasih untuk teman saya, Elnoordiansyah (yang sudah memberi Hardisk beserta ‘harta karun’ di dalamnya) dan juga rekan kerjanya Mas Noval yang sudah memberikan dan mengurutkan film Star Wars ini.

Nah! Cukup segitu aja dulu kali ya #MayThe4thBeWithYou ala gue di tahun 2017 ini. Oh iya, kenapa gue suka film Star Wars ini ? alasannya karena gue sangat amat suka film yang mengisahkan kehidupan luar angkasa dan segala hal yang berbau luar angkasa pasti bakal gue tonton serta kebetulan film yang katanya akan membuat jatuh cinta siapapun yang nonton ini udah buat gue jatuh cinta juga. Jadi, gimana nih #MayThe4thBeWithYou buat kalian di tahun ini ? *jangan lupa nonton ya! 

***
Tulisan ini ikut arisan godok bulan Mei. Silakan dibagikan jika menyukai Agnes sebagai pemenang.

Angnes Liemanda

Halo! Nama saya Agnes Liemanda atau biasa dipanggil Anda. Saya adalah mahasiswi di salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah di kota yang Istimewa di tanah Jawa (Yogyakarta). Sekarang masih semester 4 di jurusan Sastra Indonesia. Kalian bisa komunikasi dengan saya di Instagram @agnslmnda. Terima kasih. 

0 comments:

Post a Comment