Wednesday, 10 May 2017

Pedas Tak Selamanya Ganas

Mungkin di antara kita banyak yang menghindari makanan pedas. Ya, memang banyak alasan kenapa makanan ini dihindari. Yang paling sering kita rasakan jika mengkonsumsinya terlalu over membuat kita harus rajin-rajin pergi ke kamar mandi. Tentu ini ya buat malas, bukan begitu? Selain itu makanan pedas juga tidak baik untuk dia yang menderita penyakit maag karena dapat mengakibatkan produksi asam meningkat yang nantinya akan menyebabkan lambung bermasalah. Namun, di balik itu tentu tak selamanya makanan pedas berdampak negatif. Karenanya, bagi chillilovers (sebutan untuk orang-orang penyuka cabai) jangan galau karena di balik itu ternyata makanan pedas menyimpan sejuta manfaat yang tersembunyi. Nah untuk itu saya sebagai salah satu chillilovers akan menguak secara mendalam manfaat dari makanan pedas.


Yang pertama, bagi para wanita yang kelebihan berat badan atau bahasa kerennya gemuk. Makanan pedas bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan kalori yang membebani perut kita. Kenapa? Pedas identik dihasilkan dari cabai, dalam sebutir cabai mengandung capsaicin yang mempercepat metabolisme dan membantu tubuh dalam membakar kalori lebih cepat. Capsaicin juga meningkatkan temperatur tubuh yang berperan dalam meningkatnya detak jantung. Nah.... Bagi wanita yang ingin terlihat kurus dan seksi bisa mencoba tips ini, tapi jangan terlalu over ya,,,, entar dairy lagi eh... Diare hihi… 

Kedua, ternyata cabai tidak kalah super dengan buah-buahan seperti jeruk, anggur, semangka atupun apel (yang lain gak disebutin ya terlalu banyak) karena di dalam cabai banyak mengandung vitamin yang bermanfaaat bagi kesehatan tubuh. Walaupun rasanya tak seenak buah-buahan di dalam sebutir cabai terkandung beberapa vitamin seperti vitamin C,B dan A (di balik ya supaya gak monoton, wkwkwk). Kita ketahui bersama bahwa vitamin C merupakan antioksidan yang larut dalam air yang memiliki manfaat penting dalam sintesis kolagen, mampu mencegah kulit kasar (bagi yang hobby nyuci bisa coba nih, hehe) serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A yang terkandung sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. sedangkan kandungan vitamin B mampu membantu pembentukan sel darah merah karena mengandung zat besi.

Selain vitamin ada juga kandungan potassium yang berperan penting sebagai komponen sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengontrol tekanan darah serta denyut pada jantung. Dan bagi anda yang suka hujan-hujanan yang nantinya dapat memicu flu, jangan galau, takut atau gundah, makanan pedas juga mampu meredakan flu yang mengganggu hidung anda karena terhambat, atau ingus mengalir tanpa henti, karena capsaicin dalam cabai membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang menganggu. Karena makanan pedas juga dapat membantu membuka jalan pernapasan, mengurangi sinusitis dan gejala flu lainnya.

Ada juga nih manfaat cabai yang tak kalah hebat, bagi anda yang sering bad mood karena ditinggal pasangan selingkuh, putus atau ditinggal sahabat mesra pergi. Tak perlu lagi menyiksa diri, kita bisa mengkonsumsi makanan pedas untuk tetap menjaga mood kita agar stabil. Karena cabai meningkatkan level endorphin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa digunakan untuk pelawan stress dan depresi. Maka dari itu tak perlu lagi capek-capek mengumumkan di pintu kamar “lagi bad mood” karena semua sudah teratasi oleh makanan pedas. Sebagaimana yang saya bilang di atas tadi banyak manfaat tersembunyi dari makanan pedas.

Ada lagi nih… ternyata cabai juga mampu membuat tidur kita nyenyak loh… kok bisa ya…peneliti Australia menemukan orang yang rutin mengkonsumsi makanan pedas lebih mudah tidur, dan bangun pagi dan tentunya lebih fresh karena tidur cukup dan nyenyak. Hal Ini bisa dijadikan alternatif nih bagi para penderita insomnia untuk menghentikan penyakit begadangnya. 
Oh iya masih ada satu lagi ya… pumpung diberi kesempatan nulis. Kita ketahui dan juga saya paparkan di atas bahwa cabai dapat menganggu pencernaan kita. Namun, perlu kita ketahui cabai ternyata mampu meningkatkan fungsi cerna lo. Penisirin, apalagi saya, hehe. Cabai dalam saluran cerna meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mucus. Capsaicin yang terkandung dalam cabai juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. 

Nah saya rasa sudah cukup ya pemaparan mengenai manfaat makanan pedas. Saya salah satu orang yang hobby makan pedas merasa bangga nih dengan manfaat yang terkandung didalamnya. Bagi yang masih ragu bisa dicoba ya… tapi juga harus hati-hati, karena dibalik manfaat segudang tentu ada dampak negatif dibaliknya. Selamat menjadi chillilovers selanjutnya ya… hehe. 

***
Tulisan ini ikut arisan godok bulan Mei. Silakan dibagikan jika menyukai Nur sebagai pemenang.

Nur SLa

Nama Lengkap Nur Selawati di KTP juga sama. Pekerjaan masih proses pencarian. Hobby tak menentu tapi lebih suka nonton film, semua genre oke. Status lajang (masih melalui tahapan). Domisili di jawa timur Indonesia. Mengenai tulisan ini tak banyak pemaparan hanya berharap dibaca.

0 comments:

Post a Comment