Tuesday, 16 May 2017

Sang Peminjam

Pertemanan menjadi sebuah cerita tersendiri dalam hidup kita, di kala sedih menjadi tempat untuk bercerita, tertawa bersama karena hal sepele, dan mungkin nakal bersama, begitu lengkap cerita kehidupan kita dengan adanya teman, lalu suatu saat, teman kita mengeluhkan membutuhkan pinjaman uang, sebagai teman, secara suka rela kita pasti akan membantunya, kemudian dijanjikanlah pembayaran hutang nanti pada saat gajian atau di akhir bulan, memang pinjaman tidak begitu besar, tetapi lumayan untuk menambah uang makan, hingga pada saat jatuh tempo, sang teman tidak kunjung mengembalikan, lewat seminggu masih ditoleransi, 2 dan 3 minggu masih sabar, sampai sudah sebulan, sang pemberi pinjaman juga membutuhkan uangnya, akhirnya memberanikan diri untuk menagih hutang pada teman sendiri, mulai saat itu seribu alasan dikerahkan oleh sang peminjam untuk mengulur waktu sampai dia mampu membayarnya.


Sang pemberi pinjaman sudah mulai jenuh dengan keadaan itu, bagaimana tidak, manusia juga butuh makan dan keperluan lain, dengan susah payah mencari uang, niat hati awalnya menolong teman, tetapi diperlakukan seperti debt colector atau pengemis hutang, malu, sebal, muak bercampur aduk menjadi satu. Pertemanan baik mereka mulai renggang karena masalah uang yang memang sensitif untuk semua orang. Bukan hanya sang pemberi pinjaman saja yang merasakan seperti itu, beberapa orang juga pasti pernah merasakan hal yang sama, pada akhirnya, mereka yang memberi pinjaman memiliki 2 penyelesaian, yang pertama adalah mengikhlaskan dengan harapan semoga menjadi amal ibadah, atau yang kedua adalah dipendam sampai nanti sang peminjam melunasi, dan tetap menganggapnya hutang.

Bagaimana perasaan sang peminjam sendiri sebenarnya? apakah mereka memang ingin melupakan hutangnya begitu saja tanpa membayar? jawabannya tidak, tidak ada satu orangpun yang lupa akan hutangnya sendiri kecuali dia amnesia, lalu bagaimana yang dirasakan sang peminjam sebenarnya?. Perasaan bersalah, malu, dan ingin melunasi pasti dirasakan semua orang yang meminjam, tetapi keadaan memaksa mereka mengeluarkan jurus seribu alasan untuk mengulur waktu, baik itu dikarenakan kesalahan mereka sendiri ataupun memang ketika sudah berusaha melunasi ada alasan yang lebih penting, sehingga terpaksa pelunasan hutang diundur kembali.

Kebanyakan dari mereka yang meminjam bukan karena alasan bersenang-senang, tetapi memang karena mereka membutuhkan uang tersebut, baik untuk keperluan pribadi seperti makan ataupun keperluan lain yang diluar ekspektasi mereka. Hidup ini keras kawan, tidak semua orang beruntung mendapatkan harta yang berkecukupan, mereka yang meminjam pun sudah berusaha tetapi masih tetap belum mencukupi.

Rasa bersalah dan malu sangat wajar dirasakan ketika sang pemberi pinjaman datang untuk menagih janjinya, sang peminjam sadar, sehebat apapun alasannya, pasti sang pemberi pinjaman sudah muak karena terlalu banyak alasan yang diberikan, tetapi sang pemberi pinjaman masih tersenyum dan mengatakan tidak apa-apa, hal tersebut lebih membuat sang peminjam malu dan merasa bersalah. Andaikan ada hujan uang, pasti dia akan menampung semua uang itu untuk membayar hutangnya, karena memang hidup dengan hutang sangatlah tidak nyaman untuk sebagian orang.

Kami sang peminjam lebih memilih menghindar untuk menjaga perasaan sang pemberi pinjaman agar tidak malu karena berusaha untuk menagih hutang. Chat, telfon, meet up, semua dihindari, sedih melihat teman yang biasanya duduk bersama kini duduk bersama orang lain, mungkin sedang membicarakan sang peminjam berkaitan dengan hutang yang tidak kunjung dibayarkannya, ingin rasanya segera untuk melunasinya, apa daya, uang belum cukup, hanya menghindar menjadi solusi terbaik sampai nantinya terbayarkan.

Kepada sang pemberi pinjaman, maafkan kami sang peminjam jika waktu pelunasan hutang tidak sesuai yang dijanjikan, itu semua di luar kendali kami, mungkin kalian muak dengan seribu alasan yang kami berikan, tetapi kami jauh lebih muak dengan beban hutang, kami jauh lebih merasa bersalah. Kepada sang pemberi pinjaman, kami juga berdoa, agar tuhan segera memberi rizkinya yang nanti akan kami pergunakan untuk membayar kalian, janganlah anggap kami manusia tidak tahu diri karena telat membayar hutang, jangan pula kalian memutuskan pertemanan yang bertahun-tahun dijalani hanya karena sebuah ketidak sabaran dan pikiran negatif sebuah uang dan hutang.

***
Tulisan ini ikut arisan godok bulan Mei. Silakan dibagikan jika menyukai Astari sebagai pemenang.

Astari Amalia

Kebanyakan orang memanggilku tari, padahal aku sama sekali tidak bisa menari. Menjadi lulusan dari Universitas Negeri Semarang, Jurusan Geografi, adalah sebuah kebanggan tersendiri, walaupun akhirnya bekerja di bidang yang berbeda. Suka membaca dan berimajinasi  sedikit sifat melankolis membuatku terkadang suka menuliskan hal-hal yang sepele, imajinasi, dan cerita abstrak yang hanya tuhan, aku, dan kertas putih itu yang tahu maksudnya.

5 comments:

  1. Selamat siang

    Saya datang dengan sangat hormat kepada Anda, untuk menawarkan layanan saya kepada Anda dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%. Akibatnya, saya adalah direktur pinjaman Mrs. Rose dari perusahaan pemodal bersih saya yang mengkhususkan diri dalam memberikan pinjaman kepada orang serius yang ingin mendapatkan pribadi. Pinjaman untuk bisnis atau untuk mewujudkan impian mereka. Mau yang sebenarnya, mau konkret, entah kualitasnya, dengan perusahaan kita anda akan puas. Kami membuat impian Anda proyek kami.

    SILAKAN HUBUNGI LANGSUNG KEPADA DIREKTUR KAMI:

    Email kami di: roseguaranteeloanfunds@yahoo.com
    Nomor whatsapp: +19513957929

    Jangan ragu dengan menghubungi kami sekarang juga.

    ReplyDelete
  2. Sudahkah Anda mendapat pinjaman dari bank
    Atau ada beberapa lembaga keuangan yang menolak permintaan Anda untuk satu atau lebih alasan ?.

    KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS PINJAMAN DARI:
    - Pinjaman usaha,
    - Pinjaman modal,
    - Pinjaman real estat,
    - Pinjaman pribadi,
    - Pinjaman mahasiswa,
    - Pinjaman pertanian
    Dan lebih dalam berinvestasi dengan investor yang baik ... Kami menawarkan pinjaman
    Untuk perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah sebesar 2%. Anda berada di sebelah kanan
    Tempat untuk mendapatkan pinjaman Anda

    Hubungi kami hari ini dan dapatkan masalah keuangan Anda!

    Email: MELINDAGATESLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    Dapatkan masalah keuangan Anda dipecahkan di sini ...

    ReplyDelete
  3. Salam, michael brin Loan menawarkan pinjaman kepada individu perorangan dan perusahaan swasta yang membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis baru melunasi hutang pribadi atau membiayai bisnis yang ada. Hubungi kami hari ini jika berminat untuk informasi lebih lanjut via e-mail: michaelbrinloanfirm001@gmail.com

    Kami siap melayani anda dengan lebih baik
    nama:....
    Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: .......
    negara:....
    negara:...
    nomor telepon:.....

    Tuan michael brin
    Semua saya harus dikirim ke email ini: michaelbrinloanfirm001@gmail.com
    Whatsapp: +12092481749

    ReplyDelete
  4. Halo saya (Angga Maria), yang mengatakan bahwa tidak ada ALLAH dia berbohong karena saya adalah kesaksian hidup / seumur hidup bagi bangsaku di indonesia dan di negara-negara Asia lainnya di dunia,
     Saat ini saya tidak banyak bicara tapi saya akan saran anda, anda mencobanya untuk diri anda. Saat ini saya tinggal di indonesia bersama keluarga saya, kami berusaha membuat bisnis sendiri hari ini dan suami saya hidup dengan baik, jadi Pukul 24 saya berada di rumah bersama anak-anak saya ketika saya menerima telepon bahwa suami saya mengalami kecelakaan sehingga saya perlu mengakui sejumlah uang untuk operasi yang harus dia lakukan / saya pergi ke bank uang yang kami miliki, saya memberikannya kepada mereka tapi Uang itu tidak cukup saya pergi untuk meminjam tapi tetap saja saya banyak dia? Jadi tidak mudah dengan saya dan ketiga anak saya, saya masuk ke dalam pencarian pemberi pinjaman online Saya adalah korban dari beberapa kreditur penipuan saya adalah seorang yang dilarang di bank dan ditangkap oleh orang-orang yang saya sendiri / saya masuk penjara selama 2 bulan ketika saya datang Kembali seorang teman saya bercerita tentang ibu pemberi pinjaman ini (Annisa Ahmad) tapi saya menghentikannya untuk memberi tahu saya dan dia terus memberi tahu saya dan dia meyakinkan saya bahwa jika mereka tidak memberi saya pinjaman bahwa dia akan membayar biaya apapun yang saya miliki Gunakan sejauh ini saya mencobanya dan saya melamar pinjaman yang harus dipinjam ibu sebesar Rp450.000.000,00 sangat mudah dalam 48 jam yang saya isi. Rincian saya saya mendapat pinjaman saya, jadi saya yang mengatakan untuk membagikan kebaikan ALLAH Bekerja dan ALLAH akan memberkati ibu (Annisa Ahmad) atas bantuannya jadi tolong jika Anda mencari pinjaman, dan pemberi pinjaman yang benar tidak perlu disesat / sehingga Anda tidak akan scammed semua yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi (annisaahmadlaoncompany @ Gmail.com) Anda juga bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan tentang cara melakukannya (anggamaria60@gmail.com)

    ReplyDelete
  5. Halo

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan jumlah yang Anda butuhkan (Annisa Ahmad) ke sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami menginvestasikan Di properti, proyek / bisnis dan juga menawarkan semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah anda ditolak oleh bank lain atau kreditor? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui email di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: annisaahmadlaoncompany@gmail.com

    ReplyDelete