Saturday, 16 February 2019

Tips Mencegah dan Mengatasi Insomnia

Pernahkah kalian mengalami insomnia, tidak bisa tidur sampai pagi hari? Seberapa seringkah kalian mengalaminya? Gangguan insomnia jangan dibiarkan terlalu lama, sebab bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh dan membuat pagimu bisa tidak produktif karena rasa malas dan lelah yang pasti akan muncul setelah kekurangan waktu lelap dan istirahat malam. 

Foto via Meraputih.com

Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantumu untuk mengatasi atau bahkan bisa mencegah insomnia melanda diri kita :

1. Lekaslah tidur, jangan mantengin hp melulu, berharap balsan chat dari si doi.

Jangan terlalu gelisah dan mantengin hp sampai larut malam dengan alasan si doi belum membalas chat darimu. Bersikap tenanglah dan jangan banyak kau hiraukan si dia yang belum kunjung membalas pesan chat dari kalian. Coba berpikir positif, mungkin dia bukan sibuk dengan yang lain, bisa saja dia sudah terlelap duluan karena sedang capek dan mungkin saja dia akan membalas pesan chat dari kalian besok pagi. Pikiran yang tenang akan membuat kita mudah untuk beristirahat dan terlelap dalam tidur malam.

2. Jangan dengerin musik mellow, nanti malah jadi galau.

Percaya atau tidak, ternyata musik mellow yang bermakna bisa mempengaruhi hati dan pikiran kita agar ikut serta dalam gelisah dan sedih atau istilah gaulnya kita akan mengalami galau yang berkepanjangan. Jika hati kita galau, otak kita otomatis akan mengirim sinyal pada tubuh agar tetap bangun dan enggan terlelap tidur. Rasa capek pun tidak akan bisa mengalahkan rasa galau yang kadang menyerang. Rasa lelah seharusnya mudah membuat kita terpejam, namun nyatanya rasa galau itu selalu bisa menjadi nomor satu di hati dan mengusir rasa kantuk kita dan terbitlah insomnia yang mampu mempengaruhi jam tidur kita, sehingga kualitas tidur kita menjadi sangat buruk. 

3. Jangan mengecek feed instagram, mencari informasi unfaedah dan salah satunya adalah mencari kabar si mantan.

Jangan korbankan waktu tidur dan istirahatmu dengan hal-hal yang bisa membunuh jiwamu sendiri. Sebaiknya jika malam tiba, jangan melihat feed instagram dengan bermaksud mencari tahu informasi yang tidak bermanfaat sama sekali atau istilah kerennya unfaedah. Salah satu hal unfaedah yang tidak umumnya dilakukan oleh kebanyak orang adalah mencari kabar si mantan melalui instagram. Please, kalian jangan berlaku bodoh dengan mencari kabar yang penting, sayangilah tubuh kalian dengan tidur sesuai porsinya dan jangan biarkan insomnia menyerang kalian. Kalian perlu tahu bahwa mantan itu cukup di masa lalu, jangan dikenang apalagi tidak ingin dilupakan.

4. Jangan minum kopi terlalu banyak dan jangan sering lembur.

Jika malam telah larut, sebaiknya jangan meminum kopi terlalu banyak dan kalau bisa sih, hindari saja. Kandungan kafein yang terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh akan mengakibatkan gangguan kesehatan lambung, jantung berdebar-debar, dan menimbulkan efek samping tidak bisa tidur. Jangan sia-siakan waktu tidur dan istirahatmu hanya karena ingin minum kopi atau mungkin kalian akan beralasan jika kalian minum kopi karena akan melakukan kegiatan lembur di malam hari. Sebanyak apapun pekerjaan kalian yang belum selesai, usahakan jangan sampai lembur sampai pagi. Buatlah jadwal terstruktur dan pertimbangkan estimasi waktu pengerjaan dengan waktu dikumpulkannya tugas yang menjadi tanggung jawab. Sebanyak apapun pekerjaannya pasti ada jangka waktu pengerjaannya, kan? Lakukanlah tips ini, kemungkinan besar kalian pasti akan terhindar dari gangguan insomnia dan hari-hari kalian akan produktif dan terarah.
5. Makan dan minum air putih yang banyak agar cepat mendatangkan rasa kantuk.

Sudah bukan hal istimewa lagi, kalau perut kenyang akan membuat kita cepat merasakan rasa kantuk. Pada malam hari, kalian usahakan perbanyak makan dan jika dirasa sudah kenyang, pasti kalian akan cepat mengantuk dan dengan mudah tidur, selain itu kalian harus pula memperbanyak minum air putih agar membuat tubuh rileks dan segar. Jika tubuh rileks dan segar, maka tidur malam pun akan lelap sampai esok hari. Silahkan dicoba tips yang murah dan mudah ini, semoga insomnia cepat pergi dan tidak akan datang kembali.

Jangan lupa untuk mencoba tips-tips mengatasi dan mencegah insomnia di atas ya, guys. Semoga bisa menjadi referensi yang tepat buat kalian yang ingin mencegah atau mengatasi gangguan insomnia yang mengganggu waktu istirahat dan kualitas tidurmu
Semoga bermanfaat.

***

Anis Khoirunnisak


Anis Khoirunnisak, lahir pada tanggal 22 Desember 1994 dan tinggal di Dusun Sekaru Rt.02/Rw.05 Desa Kauman Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Telah menyelesaikan pendidikan terakhir pada program studi S1-PPKn Universitas Negeri Surabaya tahun 2018. Mencintai puisi sejak mengenyam pendidikan di bangku kuliah S1. Memiliki hobi membaca dan menyukai kopi. Bagi dirinya, keduanya adalah alternatif terbaik untuk menyenangkan hati sendiri. Pernah menjadi salah satu kontributor antologi puisi “Senja dan Hujan” dalam sayembara puisi 2017, kontributor antologi puisi “Ada apa dengan Rindu” yang diselenggarakan oleh Penerbit  Jendela Sastra Indonesia, dan kontibutor antologi puisi “Etalase” yang diselenggarakan oleh Media Berkarya. Jika ingin mengenal atau bercengkerama dengan perempuan pecinta sastra ini bisa mengunjungi instagram @anis_khoirunnisa94, twitter  @Anissa941, email : aniskhoirunnisak22@gmail.com

0 comments:

Post a Comment